Mungkinkah Sumber Daya Kita Berdaya?

Rethinks Strategy for Wild West of cyberspace
Rethinks Strategy for Wild West of cyberspace. Sumber: economist.com

Pada saat ini masyarakat kita benar-benar membutuhkan jalan untuk meningkatkan kualitas sumber dayanya sebagai manusia yang dituntut untuk terus menyempurna.

Indonesia. Ada yang bilang sumber daya alam kita sangatlah kaya, melimpah bagai surga dunia, dari laut yang indah, luas daratan yang subur serta penghuninya yang beragam nan unik. Ya, memang benar demikian negeri kita memang kaya. Dunia pun mengakui kekayaan Indonesia.

Namun, mengapa Indonesia masih di kategori negara berkembang terus? Pengangguran dimana-mana, hutang negara kita masih sangat besar,  bukankah katanya kita kaya? Mengapa ? Ada apa?

Sumber daya alam (SDA) yang unggul saja tidaklah cukup, perlu adanya sumber daya manusia (SDM) berkualitas yang memeliharanya, mengolahnya.

Ketika SDM memiliki kemampuan memelihara dan mengolahnya, sungguh tidak masuk akal jika masyarakat yang sengsara hidupnya. Terkecuali oranng malas saja yang sengsara, hidup miskin serta kekurangan.

Mengapa kualitas sumber daya manusia di negeri kita masih rendah? Sehingga masih  kewalahan mengurus, memelihara dan mengolah kekayaan SDA.

Oleh karena itu  pintu tangan-tangan warga negara asing terbuka lebar untuk mengisi kekosongan itu. Hal ini berimbas pada kondisi kemapanan ekonomi masyarakat.

Peningkatan SDM sangatlah penting. Perlu kesadaran perhatian dan tindakan serius masyarakat, pemerintah dan kaum intelektual yang tercerahkan dengan ilmu pengetahuan, untuk meningkatkan kualitas SDM.

Upaya meningkatkan kualitas SDM bisa dilakukan melalui pendidikan formal maupun non formal. Tetapi lagi-lagi permasalahannya biaya pendidikan masih relatif mahal bagi mereka yang memiliki pendapatan kecil.

 

Kontributor : Saiman

*Catatan perenungan saat mondok di PPM Muthahhari Yogyakarta