Perempuan Pengguna Instagram Cenderung Memiliki Kepercayaan Diri yang Rendah

Profesor psikologi tersebut mengatakan, sulit untuk menutupi dampak media sosial bagi psikologi perempuan.

Media sosial dapat membantu kita untuk menjalin komunikasi dengan orang lain, berbagi cerita, dan mengatur jadwal pertemuan. Akan tetapi, tahukah kamu, penggunaan media sosial pun memiliki dampak negatif terhadap psikologi penggunanya, terutama bagi perempuan.

Baru-baru ini seorang profesor psikologi di Northwestern University, Renee Engeln, Ph. D., melakukan sebuah penelitian. Ia membandingkan perempuan pengguna instagram dan facebook selama tujuh menit, sebagaimana dilansir oleh Psychology Today.

Peneliti menemukan, ternyata perempuan yang ditugasi menggunakan instagram, lebih memikirkan penampilan mereka daripada perempuan yang menggunakan facebook.

Mereka cenderung membandingkan penampilan dirinya dengan orang lain. Mereka merasa penampilan dirinya lebih buruk dan merasakan suasana hati yang negatif saat melihat penampilan orang lain di instagram.

Dampak Instagram Bagi Psikologi Perempuan

Profesor psikologi tersebut mengatakan, sulit untuk menutupi dampak media sosial bagi psikologi perempuan. Terlebih instagram sebagai media sosial yang fokus pada foto dan video, bisa sangat berdampak pada perasaan perempuan terutama yang berkaitan dengan penampilan mereka.

Pada penelitian yang dilakukannya, ia menugasi secara acak 30 perempuan di perguruan tingginya untuk melakukan satu dari tiga eksperimen. Para perempuan dipastikan merupakan pengguna aktif facebook dan instagram.

Langkah pertama, para perempuan ditugasi untuk menggunakan iPad yang disediakan peneliti selama tujuh menit. Langkah kedua, mereka diarahkan untuk masuk ke akun mereka dan menggunakannya seperti biasa, yaitu menggulir, menyukai postingan, menonton video. Perempuan lain pun diberi tugas yang sama, yaitu menggulir, menyukai dan menonton video, akan tetapi pada media facebook.

Langkah ketiga, sebagai kondisi kontrol, perempuan diarahkan untuk memainkan tiga pertandingan games Bejeweled semacam Candy Crush selama tujuh menit.

Para perempuan dalam penelitian ini menggunakan iPad yang disediakan peneliti. Peneliti memiliki tujuan ingin mengetahui perubahan suasana hati dan citra tubuh perempuan. Baik sebelum dan setelah tujuh menit.

Mereka yang menggunakan facebook maupun instagram menunjukan sikap yang berbeda dalam menghabiskan tujuh menit untuk menggunakan media sosial.

Pengguna instagram lebih banyak menghabiskan waktu dengan melihat foto, sedangkan pengguna facebook menghabiskan waktu untuk melihat gambar, bukan foto, serta membaca tulisan konten dan komentar.

Dengan demikian tidak heran,  perempuan yang menggunakan instagram lebih detail dalam melaporkan penampilan orang lain dibandingkan dengan para pengguna facebook.

Perempuan yang menggunakan instagram juga melaporkan, bahwa mereka membandingkan penampilan dirinya secara signifikan saat melihat penampilan orang lain di instagram dibanding pengguna facebook.

Baik bagi perempuan yang menggunakan facebook dan Bejeweled lebih memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap penampilan mereka dibanding dengan perempuan pengguna instagram yang secara signifikan mengalami penurunan kepercayaan diri terhadap penampilan dirinya.

Suasana hati perempuan pengguna facebook dan bejeweled lebih positif dibandingkan dengan pengguna instagram yang memiliki suasana hati negatif selama tujuh menit berlangsung.

Postingan Foto di Medsos Mempengaruhi Suasana Hati

Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukan hasil bahwa pengguna media sosial yang secara intens melihat foto orang lain senantiasa akan membandingkan penampilan dirinya dengan orang lain di foto tersebut.

Membanding-bandingkan penampilan cenderung memunculkan suasana hati yang negatif dan suasana hati yang negatif dan membuat kita memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah.

Dengan mengetahui hasil penelitian tersebut, kita bisa lebih bijak untuk mengatur feed instagram agar diisi dengan informasi yang bermanfaat, seperti hasil penelitian, kegiatan inspiratif, pendidikan, pola hidup sehat ataupun perkembangan ilmu pengetahuan.

Selain itu, kita bisa lebih cerdas memilih konten yang hendak dikonsumsi agar suasana hati kita bisa tetap positif dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik.